Memilih Hardware Computer


Apabila Anda ingin lebih hemat ,alangkah baiknya mengetahui bagaimana cara merakit komputer sendiri.
Sebelum anda merakit komputer belilah terlebih dahulu perangkat yang akan dirakit.
Pastikan sparepart ( Onderdill) yang anda beli merupakan barang yang berkualitas.
Barang yang perlu anda beli adalah:
1. Motherboard

Pastikan motherboard anda yang berkelas dan garansi misal :
Merek : INTEL/ASUS/MSI/GYGABIT/ABIT.
kalau kelas menengah:
Merek : ECS/PCCHIP/Asrock/ENPC

Agar kinerja CPU dapat optimal carilah Motherboard yang tidak On board.
Cari motherboard yang ada Slot:
AGP/DDR 2/ATA/SATA/

2. PROCESSOR


Agar Anda tidak kesulitan memasang processor ,carilah Processor satu set dengan Motherboard. sehingga PRocessor dan mptherboar cocok.

Carilah Processor yang berkualtas misal:
Merek: Intel Core 2 dua, Dual core, LGA atau AMD Turion
Kelas menegah :
Intel Pentium 4, Cyrix, Duron, Sempron, Celeron


3. VGA


Apabila anda suka bermain grafis dan game carilah Vga yang RAM tinggi yaitu:
256/512 atau 1 gb misalnya:
Merek : GE Force/NVIDIA/N FORCE/RODEON/S3/SIS dll.


4. SOUND CARD


Mengapa kami menyarankan Anda memilih sound card dengan bit depth sebesar16-bit? Akan kami coba jelaskan, hingga saat ini industri musik telah mendefinisikan sebuah sistem dengan 65.536 value berbeda, yang bertugas untuk mendefinisikan setiap amplitude yang berbeda dari bentuk audio data. Oleh karenanya, komputer memerlukan minimal 2 bytes (16-bit) untuk dapat menyimpan setiap sampel suara. Hal tersebut berhubungan dengan proses sampling dan resolusi sampling itu sendiri ( 216 = 65.536). Sehingga sangat wajar apabila Anda memerlukan sebuah sound card yang memiliki spesifikasi 16 bit sound card. Agar Anda dapat menyimpan semua sampling suara dengan sempurna. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk setidaknya memilih sound card dengan kemampuan bit depth sebesar 16-bit.
Berikut ini ada beberapa nama produsen sound card yang dapat Anda pilih, di antaranya Creative Labs, Digidesign, M-Audio, Tascam, Motu, Yamaha, dan masih banyak lagi lainnya. Tetapi untuk lebih jelas tipe apa saja yang dapat Anda pergunakan, mungkin Anda bisa melakukan cek ulang di situs resmi mereka masing-masing.

5. HARDDISK


Banyak orang awam tidak mengerti persoalan HDD. mereka hanya tahu space atau ukuran serta merek dagang saja, namun tidak melihat perihal lain.
Oleh karena itu, Hal-hal apa saja yang diperhatikan dalam membeli atau memilih Harddisk? berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.
1. Ukuran (Size)
untuk ukuran yang menjadi standart pasar sekitar 80-120 GB. namun saya sarankan untuk memilih yang lebih tinggi karena tuntutan data yang semakin besar.
2. PATA atau SATA
saya lebih menyarankan untuk memilih SATA (serial ATA) ketimbang PATA (Parallel ATA) jika mainboard PC mendukung SATA. karena beberapa faktor diantaranya, kecepatan transfer SATA yang lebih cepat (150MB per detik) dan kabel yang digunakan SATA lebih kecil sehingga air flow di dalam casing PC tidak terganggu.
3. Speed atau kecepatan putar
Hard Disk (piringan Keras) ini diputar oleh motor dengan kecepatan tertentu. semakin cepet putaran motor tentu saja kecepatan baca juga semakin cepat. ada yang 7200rpm (rotation per minute) dan ada juga yang 10.000 rpm.
4. Buffer Memory
hal yang terakhir ini adalah hal penting. banyak pembeli HDD yang tidak mengindahkan hal ini. sebelum data HDD di kirim ke Memory utama untuk di proses, data-data tersebut selalu masuk dahulu ke Buffer Memory (seperti RAM) yang terdapat pada controller HDD. hal ini dilakukan untuk mencegah antrian yang panjang dalam membaca HDD. semakin besar ukuran Buffer yang terdapat pada HDD, maka akan semakin baik atau cepat pembacaan penulisan data.

6. RAM

Memory merupakan buffer bagi semua aplikasi yang anda jalankan. Dan bila buffer tersebut kurang, maka akan digunakan hard disk (yang jelas kecepatanya jauh2 lebih lambat dr memory) sebagai virtual memory/paging file. Sedang kecepatan buffer itu sangat berpengaruh pada kecepatan dan kenyamanan aplikasi yang anda jalankan. Jadi jika terlalu banyak buffer yang tersimpan dalam hard disk, komputer akan terasa menjadi lambat, dan semakin lambat, disamping itu akan membebani hardisk dengan kerja yang super berat. Karena buffer membutuhkan akses yang cepat dan berulang-ulang.
Untuk windows XP minimal memory 256MB.
Untuk windows Vista minimal memory 768 MB
Untuk Games minimal memory 1 GB
Untuk AMD platform pilih memory yang timingnya ketat(CAS,RAS) untuk kinerja yang lebih baik
Untuk Intel pilih yang bandwithnya besar(PC5300 > DDR2/3) untuk kinerja lebih baik
Untuk overclocking cari yang speednya diatas speed FSB mainboard.
Bila board anda support dual channel sebaiknya gunakn dua keping memory untuk mendapatkan metode dual akses memory untuk kinerja yang lebih baik.
Jangan terpaku pada merek tetapi lebih pada chipset yang digunakan pada memory tersebut karena berpengaruh besar pada kecepatan dan stabilitas (samsung TCCD chipset, Hynix chipset, Infineon)

7. DVD RW

Carilah dvdrw yang bergaransi, kalau bisa yang speednya tinggi minimal divd combo ( bisa membaca dvd tapi hanya bisa merekam CD) misal merk: asus, samsung,liteon,benq

8. POWER SUPPLY


Mungkin kata diatas merupakan syarat yang kita butuhkan dalam memilih PSU atau power supply untuk PC kesayangan kita. PSU sangat berpengaruh pada umur komputer kita, bisa dikatakan PSU merupakan Jantung-nya komputer kita. Karena kebutuhan daya pada MotherBoard, VGA, Hardisk dan komponen lain pada komputer tergantung dari PSU itu sendiri.

Genre "True Power" muncul karena beberapa merek yang menjual dagangannya bo'ong atau menuliskan 500 Watt pada kemasannya tetapi daya sesungguhnya hanya 250 Watt. Hal ini kan menjengkelkan banget kan.

Disini ada istilah yang harus dimengerti yaitu Continous Power, Peak Power dan Efisiensi

Continous Power adalah daya yang harus disediakan oleh PSU dalam waktu terus menerus (namanya juga continous). Continous Power adalah daya yang seharusnya tertulis pada PSU bukan Peak Powernya yang tertulis di PSU.

Peak Power adalah daya puncak atau daya yang disediakan oleh PSU tersebut untuk mengatasi terjadinya lonjakan kebutuhan daya pada saat terjadi full load. Biasanya daya ini keluar hanya terjadi beberapa detik saja.

9. CASING

Sekarang banyak casing berbagai merek, pilihlah casing dari bahan yang berkualitas tidak cepet penyok dengan model yang baru ada beberapa merek casing seperti:
MENTARI/PCONE-SIMBADA dll

10.MONITOR

Pilihlah monitor yang berkualitas dengan garansi yang lama, jangan tertipu dengan model tapi kualitas, misal merek : Samsung, IBM, Advance ,LG .

11. PRINTER
Pilihlah priter yang mudah pengisianya dan mudah mencari tinta dan spare partnya , dan tentunya yang garansinya mudah dan yang paling penting speed RPMnya tinggi. dengan kualitas hasil cetakan yang bagus.kalau perlu coba sampel sebelum membeli.


12. MOUSE DAN KEYBOARD
Kalau anggaran cukup cari mouse dan keyboard yang bagus, tahan air dan tombolnya timbul, tidakcepat luntur.



13. SIAPKAN CD INSTALASI


Sediakan CD Instalasi yang dibutuhkan :
CD system : WIndows XP/Vista, LInux, Apple
CD APlikasi : Office, Star office, Adobe Photoshop,Corel
CD Entertainmen : Winamp,AImamp,Jet audio, Power dvd, Xing mpeg
CD Drivers : Driver Sound card, vga, Printer,lan, chipset
CD Game dll.

oleh: Agus Suwanto, S.Kom

0 komentar:

Poskan Komentar