Cara membuat daftar isi otomatis pada powerpoint


Salah satu fitur penting yang dibutuhkan tapi tidak tersedia di PowerPoint adalah pembuatan daftar isi atau table of contents secara otomatis. Padahal, sama halnya dengan fungsi daftar isi pada suatu buku, daftar isi (atau kadang disebut agenda) bagi suatu presentasi sangat penting untuk memberikan gambaran kepada pemirsa mengenai apa saja yang akan dipresentasikan.

Pembuatan daftar isi di PowerPoint biasanya harus dilakukan secara manual. Hal ini sangat menyebalkan terutama untuk dokumen yang panjang. Belum lagi ada masalah sinkronisasi jika judul halaman-halaman (slide) berubah setelah daftar isi manual tersebut dibuat. Langkahnya sbb:

  1. Buat satu halaman khusus daftar isi.


  2. Cari semua judul halaman slide, kecuali halaman judul presentasi dan halaman yang tak memiliki judul.


  3. Salin semua judul tersebut dalam bentuk bullet point di halaman khusus daftar isi yang telah ditentukan.


  4. Buat add-in PowerPoint untuk memudahkan penggunaan fitur ini.


Download PPTAutoTOC. PPTAutoTOC adalah add-in PowerPoint untuk membuat daftar isi otomatis berdasarkan judul-judul halaman slide anda. Cara pakainya sebagai berikut:

  1. Unduh PPTAutoTOC dan ekstrak berkas PPTAutoTOC.ppa ke direktori yang diinginkan.


  2. Tambahkan add-in tersebut di PowerPoint. Baca di sini untuk cara melakukannya di Office 2007, dan coba cari di Google untuk melakukannya di Office 2003, harusnya kurang lebih serupa. Jika berhasil akan muncul menu tambahan “TOC”.


  3. Buka berkas PowerPoint yang ingin diberi daftar isi, tentunya yang halaman-halamannya mengikuti templat tata letak yang memiliki judul.


  4. Sisipkan satu halaman khusus untuk menjadi halaman daftar isi (biasanya halaman kedua).


  5. Tekan tombol “TOC” yang ada di tab “Add-Ins” pada Office 2007, atau menu “Tools” pada Office 2003. Masukkan nomor halaman khusus daftar isi yang dibuat pada langkah 4 di atas.


Dua berkas yang disertakan masing-masing adalah berkas add-in-nya (.ppa) yang harus ditambahkan ke PowerPoint dan berkas PowerPoint biasa (.ppt) yang berisi kode sumber program. Diperbolehkan menggunakannya semau Anda, asal jangan lupa lisensinya GPL. Jika ada usulan fitur atau laporan bug, coba utak-atik sendiri kode sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar